Rahasia Sukses Dari Valentino Ivan Lie
Pada kesempatan
ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapat saat menghadiri workshop
yang diisi oleh Valentino Ivan Lie. Ia adalah pemilik kafe whatsup dan merupakan
salah satu pengusaha muda Indonesia yang sukses.
Hal pertama
yang disampaikannya adalah merek atau brand. Menurutnya brand bukanlah apa yang
kita pikirkan tentang kita, namun brand adalah apa yang orang pikirkan tentang
kita. Brand adalah sesuatu yang menggambarkan produk kita. Hal ini membuat
pemilihan brand sangatlah penting.
Brand yang
baik adalah brand yang kekinian dan mudah diingat oleh masyarakat dan mampu
mencerminkan produk kita. Sehingga apabila konsumen senang dengan produk kita
mereka akan mudah untuk mengingat dan kembali untuk mencari produk kita. Jadi jika
kita ingin memilih brand, maka brand tersebut harus jelas dan mampu
menyampaikan experience yang ingin kita sampaikan.
Kemudian pengusaha
juga harus rajin melihat-lihat produk lain yang sekiranya menarik. Produk itu
bisa kita modifikasi dan menjadi inspirasi untuk membuat produk baru kita. Selain
itu kita juga harus punya strategi bisnis. Berikut adalah strategi bisnis
menurut Ivan Lie.
Pertama adalah
stay online. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup di jaman yang sangat
bergantung pada teknologi. Dalam kondisi dimana hampir sebagian besar
masyarakat bersinggungan langsung dengan dunia maya setiap harinya tentu saja
kita harus bisa mempromosikan produk kita lewat dunia maya. Nah salah satu yang
penting saat kita melakukan promosi di dunia maya adalah kita harus bisa
menunjukkan gambar produk yang menarik yang bisa menarik konsumen untuk membeli
produk kita. Kemajuan teknologi membuat
kita tidak membutuhkan modal banyak untuk membuka usaha. Karena kita sudah bisa
berjualan online tanpa harus menyewa ataupun menyediakan tempat usaha lagi. Jadi
modal utama adalah kemauan dan keinginan besar untuk membuka usaha.
Kedua,
adalah harus selalu ada yang baru dengan produk kita. Apabila produk kita sama
saja dan tidak ada perubahan maka bisnis kita akan tenggelam. Produk baru
disini tidak harus produk yang sudah pasti laku. Produk yang harus kita buat
adalah produk yang heboh dan bisa menarik kembali perhatian konsumen sehingga
konsumen akan selalu ingat dengan usaha dan brand kita. Bukan hanya dengan
produk baru, kita juga bisa membuat proyek marketing yang unik seperti salah
satu yang pernah dibuat Ivan adalah bayar dengan doa. Teknik marketing seperti
ini juga bisa membangun citra yang baik untuk usaha kita dan bisa menambah
kepercayaan konsumen pada kita.
Ketiga adalah
kita harus melakukan kolaborasi. Karna pada jaman ini kita tidak bisa melakukan
semuanya sendiri. Kolaborasi ini bisa dalam bentuk apa saja. Dengan melakuan kolaborasi
akan membuat usaha kita lebih berkembang.
Kemudian kita
juga harus punya prinsip yang jelas. Contohnya apabila kita ingin membuka usaha
kuliner, kita harus memilih dengan jelas ingin membuat tempat yang menyenangkan
atau mengenyangkan.
Oke sekian
dulu bagi-bagi ilmunya, mohon maaf apabila ada salah. Terima kasih
Nama: Hendra Sunanda
Nim: 1501101010043