Rabu, 21 Maret 2018

Sukses Berbisnis Diusia Muda : Creative Entrepreneur Mind For Youth by Valentino Ivan Lie



Hasil gambar untuk valentino ivan lie

Rahasia Sukses Dari Valentino Ivan Lie

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapat saat menghadiri workshop yang diisi oleh Valentino Ivan Lie. Ia adalah pemilik kafe whatsup dan merupakan salah satu pengusaha muda Indonesia yang sukses.


Hal pertama yang disampaikannya adalah merek atau brand. Menurutnya brand bukanlah apa yang kita pikirkan tentang kita, namun brand adalah apa yang orang pikirkan tentang kita. Brand adalah sesuatu yang menggambarkan produk kita. Hal ini membuat pemilihan brand sangatlah penting.

Brand yang baik adalah brand yang kekinian dan mudah diingat oleh masyarakat dan mampu mencerminkan produk kita. Sehingga apabila konsumen senang dengan produk kita mereka akan mudah untuk mengingat dan kembali untuk mencari produk kita. Jadi jika kita ingin memilih brand, maka brand tersebut harus jelas dan mampu menyampaikan experience yang ingin kita sampaikan.

Kemudian pengusaha juga harus rajin melihat-lihat produk lain yang sekiranya menarik. Produk itu bisa kita modifikasi dan menjadi inspirasi untuk membuat produk baru kita. Selain itu kita juga harus punya strategi bisnis. Berikut adalah strategi bisnis menurut Ivan Lie.

Pertama adalah stay online. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup di jaman yang sangat bergantung pada teknologi. Dalam kondisi dimana hampir sebagian besar masyarakat bersinggungan langsung dengan dunia maya setiap harinya tentu saja kita harus bisa mempromosikan produk kita lewat dunia maya. Nah salah satu yang penting saat kita melakukan promosi di dunia maya adalah kita harus bisa menunjukkan gambar produk yang menarik yang bisa menarik konsumen untuk membeli produk kita.  Kemajuan teknologi membuat kita tidak membutuhkan modal banyak untuk membuka usaha. Karena kita sudah bisa berjualan online tanpa harus menyewa ataupun menyediakan tempat usaha lagi. Jadi modal utama adalah kemauan dan keinginan besar untuk membuka usaha.

Kedua, adalah harus selalu ada yang baru dengan produk kita. Apabila produk kita sama saja dan tidak ada perubahan maka bisnis kita akan tenggelam. Produk baru disini tidak harus produk yang sudah pasti laku. Produk yang harus kita buat adalah produk yang heboh dan bisa menarik kembali perhatian konsumen sehingga konsumen akan selalu ingat dengan usaha dan brand kita. Bukan hanya dengan produk baru, kita juga bisa membuat proyek marketing yang unik seperti salah satu yang pernah dibuat Ivan adalah bayar dengan doa. Teknik marketing seperti ini juga bisa membangun citra yang baik untuk usaha kita dan bisa menambah kepercayaan konsumen pada kita.

Ketiga adalah kita harus melakukan kolaborasi. Karna pada jaman ini kita tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Kolaborasi ini bisa dalam bentuk apa saja. Dengan melakuan kolaborasi akan membuat usaha kita lebih berkembang.

Kemudian kita juga harus punya prinsip yang jelas. Contohnya apabila kita ingin membuka usaha kuliner, kita harus memilih dengan jelas ingin membuat tempat yang menyenangkan atau mengenyangkan.
Oke sekian dulu bagi-bagi ilmunya, mohon maaf apabila ada salah. Terima kasih


Nama: Hendra Sunanda
Nim: 1501101010043