Rabu, 11 April 2018

Ridwan Kamil - Creativity and Design for Social Change


Sedikit berbagi nasehat dari salah satu orang yang sukses dan memiliki pengaruh besar di Indonesia yakni Ridwan Kamil. Beliau yang merupakan lulusan Teknik Artitektur ini sudah memiliki pengalaman yang malang melintang. Memenangkan berbagai penghargaan internasional, mengerjakan projek-projek berskala besar. Namun dibalik kesuksesannya, beliau juga merupakan seseorang yang memiliki pergaulan yang luas dan dari semua khalangan. Berikut sedikit ulasan tentang cerita Ridwan kamil dari video di atas.



Masa depan peradaban manusia adalah di kota. Jadi menurut beliau kota harus antisipatif dan membangun kota yang baik. Karena kota yg stress juga akan menghasilkan generasi yang stress.

Selain itu beliau juga mengomentari bagaimana tanyangan televisi sekarang justru banyak menayangkan berita-berita yang tidak berguna. Seharusnya media bisa mengangkat berita-berita yang kreatif yang bisa menginspirasi generasi-generasi sekarang.

Berbicara tentang inspirasi dan kreativitas. Beliau juga mengatakan bahwa untuk menghasilkan sebuah ide besar kita bisa menyatukan hal-hal dari bidang yang berbeda. Selanjutnya menurut beliau orang yang kreatif bisa mengubah sesuatu yg tidak berguna menjadi sesuatu yang berguna.

Kreativitas juga tidak terbatas pada warisan dari generasi sebelumnya. Jadi menurut beliau setiap generasi harus bisa melahirkan sesuatu yang baru dan sesuatu yang berbeda serta menjadi tren leader bukan hanya mengopy paste hasil kreativitas generasi sebelumnya.

Selanjutnya beliau berbagi filosofi yaitu kita harus fokus, bekerja keras jangan banyak omong tetapi perbanyak aksi. Dan beliau berpesan orang-orang kreatif harusnya bisa berkumpul dan melahirkan kreativitas yang bisa berguna dan membantu permasalahan di masyarakat dan kota. Jadi kreatifitas tidak sebatas untuk orang-orang tertentu saja, tetapi juga harus memiliki dampak sosial yang positif untuk lingkungan sekitar.


Poin utama yang disampaikan beliau adalah :

Ada beberapa model pemuda di Indonesia. Pertama generasi yang cerdas namun tidak peduli pada negara. Kedua generasi yang peduli namun tidak pintar. Ketiga generasi yang tidak pintar dan tidak peduli sama sekali. Yang terakhir jadilah generasi yang cerdas dan peduli kepada masyarakat dan negara.

Berikut adalah beberapa hasil dari kreatifitas seorang Ridwan Kamil:


Penulis:
Hendra Sunanda
1501101010043