Rabu, 21 Maret 2018

The Journey to Succes : Tips Berbisnis dari Hendy Setiono


SANG PELOPOR WARALABA KEBAB DI INDONESIA


        Kali ini saya akan menulis tentang Hendy Setiono. Beliau adalah pemilik usaha Kebab Turki BabaRafi yang tidak lain adalah pelopor waralaba kebab di Indonesia. Hendy membangun usahanya dari nol dan hanya dengan modal Rp. 4 juta. Namun kini dalam kurun waktu 13 tahun ia sudah memiliki sekitar 1300 outlet di 9 negara. Sebuah pencapaian yang fantastis bukan? Baiklah langsung saja kita bahas cerita sukses Hendy Setiono.


        Hendy memulai usahanya dari sebuah gerobak kecil di Surabaya. Saat itu ia masih berusia 19 tahun dan masih berstatus mahasiswa. Berkat kerja keras dan doa, usahanya semakin berkembang hingga saat ini. Tidak berhenti pada satu usaha, Hendy juga membuka beberapa usaha lain seperti Foresthree, Cakekekinian, bahkan kolam tambak udang Vaname. Sebuah pencapaian yang luar biasa di usia yang relatif masih muda. Langsung saja kita bahas tips dan cara sukses dari mas Hendy.
Hendy Setiono memiliki cara sendiri dalam berusaha. Cara tersebut terbilang unik karna terinspirasi dari film yakni Iron Man. Pertama, bikin sesuatu yang berbeda, jadi dalam berbisnis harus bisa menciptakan sesuatu yang unik. Bisnis yang unik akan lebih mudah diingat dan disukai terutama dalam hal-hal yang lagi tren.

        Kedua, jangan takut, dalam berbisnis jangan takut untuk memulai kapan pun itu. Karena tidak ada kata terlambat dalam berbisnis dan setiap orang memiliki zona waktu tersendiri untuk sukses karena sesungguhnya kita berkompetisi dengan diri sendiri bukan dengan orang lain.

        Ketiga, terus belajar dan berubah, kita harus bisa berubah mengikuti jaman terutama dalam hal promosi. Gunakanlah media promosi yang paling terbaru dan banyak diminati masyarakat contohnya media sosial untuk promosi pada masa kini.

       Kemudian yang terakhir, nikmati hidup, yang namanya bisnis seperti roda berputar. Menjadi pengusaha sama saja dengan menjalankan sesuatu yang tidak pasti. Bisa saja suatu saat mengalami keuntungan dan bisa jadi dilain waktu mengalami kerugian. Sebagai pengusaha kita harus bisa menikmati itu semua.

       Selain tips di atas, Hendy juga memiliki formula tersendiri dalam berbisnis yaitu “PISS”. PISS adalah singkatan dari positif thinking, ikhtiar, sedekah, dan sukses. Setiap pengusaha harus terus berfikir positif dan fokus pada manfaat yang dihasilkan, yang artinya pengusaha tidak boleh berfikir gagal. Kemudian ikhtiar, yaitu berusaha dengan sungguh-sungguh. Selanjutnya sedekah, semakin banyak kita memberi maka semakin banyak kita mendapatkan manfaat dari siklus sedekahnya. Apabila kita sudah berfikir positif, ikhtiar, dan bersedekah maka InsyaAllah kita akan sukses.

      Tips terakhir adalah membuat merk dan mendaftarkannya ke HAKI. Karena brand atau merk sangat penting dalam bisnis. Karena merk dan brand yang baik bisa menaikkan gengsi dari suatu produk.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang Hendy Setiono. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Semoga bermanfaat

Nama: Hendra Sunanda 
Nim : 1501101010043