SANG PELOPOR WARALABA KEBAB DI INDONESIA
Kali ini
saya akan menulis tentang Hendy Setiono. Beliau adalah pemilik usaha Kebab
Turki BabaRafi yang tidak lain adalah pelopor waralaba kebab di Indonesia. Hendy
membangun usahanya dari nol dan hanya dengan modal Rp. 4 juta. Namun kini dalam
kurun waktu 13 tahun ia sudah memiliki sekitar 1300 outlet di 9 negara. Sebuah
pencapaian yang fantastis bukan? Baiklah langsung saja kita bahas cerita sukses
Hendy Setiono.
Hendy
memulai usahanya dari sebuah gerobak kecil di Surabaya. Saat itu ia masih
berusia 19 tahun dan masih berstatus mahasiswa. Berkat kerja keras dan doa,
usahanya semakin berkembang hingga saat ini. Tidak berhenti pada satu usaha,
Hendy juga membuka beberapa usaha lain seperti Foresthree, Cakekekinian, bahkan
kolam tambak udang Vaname. Sebuah pencapaian yang luar biasa di usia yang
relatif masih muda. Langsung saja kita bahas tips dan cara sukses dari mas
Hendy.
Hendy
Setiono memiliki cara sendiri dalam berusaha. Cara tersebut terbilang unik
karna terinspirasi dari film yakni Iron Man. Pertama, bikin sesuatu yang berbeda, jadi dalam berbisnis harus bisa
menciptakan sesuatu yang unik. Bisnis yang unik akan lebih mudah diingat dan
disukai terutama dalam hal-hal yang lagi tren.
Kedua, jangan takut, dalam berbisnis jangan
takut untuk memulai kapan pun itu. Karena tidak ada kata terlambat dalam
berbisnis dan setiap orang memiliki zona waktu tersendiri untuk sukses karena
sesungguhnya kita berkompetisi dengan diri sendiri bukan dengan orang lain.
Ketiga, terus belajar dan berubah, kita harus
bisa berubah mengikuti jaman terutama dalam hal promosi. Gunakanlah media
promosi yang paling terbaru dan banyak diminati masyarakat contohnya media
sosial untuk promosi pada masa kini.
Kemudian yang
terakhir, nikmati hidup, yang
namanya bisnis seperti roda berputar. Menjadi pengusaha sama saja dengan
menjalankan sesuatu yang tidak pasti. Bisa saja suatu saat mengalami keuntungan
dan bisa jadi dilain waktu mengalami kerugian. Sebagai pengusaha kita harus
bisa menikmati itu semua.
Selain tips
di atas, Hendy juga memiliki formula tersendiri dalam berbisnis yaitu “PISS”.
PISS adalah singkatan dari positif
thinking, ikhtiar, sedekah, dan
sukses. Setiap pengusaha harus terus berfikir positif dan fokus pada
manfaat yang dihasilkan, yang artinya pengusaha tidak boleh berfikir gagal. Kemudian
ikhtiar, yaitu berusaha dengan sungguh-sungguh. Selanjutnya sedekah, semakin
banyak kita memberi maka semakin banyak kita mendapatkan manfaat dari siklus
sedekahnya. Apabila kita sudah berfikir positif, ikhtiar, dan bersedekah maka
InsyaAllah kita akan sukses.
Tips terakhir adalah membuat merk dan mendaftarkannya ke HAKI. Karena brand atau merk sangat penting dalam bisnis. Karena merk dan brand yang baik bisa menaikkan gengsi dari suatu produk.
Mungkin sampai
disini dulu pembahasan kita tentang Hendy Setiono. Lebih dan kurang saya mohon
maaf. Semoga bermanfaat
Nama: Hendra Sunanda
Nim : 1501101010043