Rabu, 06 Juni 2018

Design Thinking


Apa Itu Design Thinking?
==> Design thinking adalah suatu metode yang membantu seseorang untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan cara kreatif. Sejalan dengan pola pikir desainer, metode ini lebih berfokus kepada solusi dan orientasi pada masa depan yang diinginkan, bukan berfokus pada masalah. Selain itu design thinking ini juga biasa digunakan dalam penemuan ide baru. Kini metode ini banyak digunakan pada orientasi bisnis dan menjadi hal yang sangat penting terutama pada saat seseorang membuka bisnis baru.


Pada masa lalu, design thinking ini jarang diperhatikan dan lebih berfokus pada penciptaan produk baru. Namun seiring perkembangan jaman beberapa pengusaha mulai beralih kepada design thinking yang membantu mereka memahami masalah, perubahan, dan mempertahankan daya saing.

Pendekatan ini berbeda dengan metode analisis scientific, yang dimulai dengan mendefinisikan semua parameter masalah untuk membuat solusi. Design Thinking mengidentifikasi dan menginvestigasi aspek yang telah diketahui dan aspek yang masih ambigu dari situasi saat ini untuk menemukan parameter tersembunyi dan membuka jalur alternatif yang dapat mengantarkan kita pada tujuan. Karena design thinking adalah iterasi, solusi yang lebih berpotensi menemukan jalur alternatif yang mana termasuk meredefinisikan permasalahan awal.

Atribut dari design thinking adalah:

The human rule – seluruh aktivitas desain merupakan kebiasaan sosial
Theambiguity rule – deign thinker harus mempertahankan ambiguitas
The re-design rile – semua desain adalah hasil desain ulang
The tangibility rule – membuat ide yang nyata selalu memfasilitasi komunikasi

source:
Dictio
Binus University